Jumat, 29 September 2017

TIK DI SD

TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SEKOLAH DASAR



A.   Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi

Teknologi informasi dan komunikasi yaitu suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memroses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara unntuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan juga merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.

B.   Peranan teknologi Informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan.
Dalam dunia pendidikan, keberadaan sistem informasi dan komunikasi merupaka salah satu komponen yang tidak dapat dipisahkan dari aktivitas pendidikan. Dalam sebuah lembaga pendidikan harus memiliki komponen-komponen yang diperlukan untuk menjalankan operasional pendidikan, seperti siswa, sarana dan prasarana, struktur organisasi, proses, sumber daya manusia (tenaga pendidik), dan biaya operasi. Sedangkan sistem komunikasi dan informasi terdiri dari komponen-komponen pendukung lembaga pendidikan untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan puhak pengmabil keputusan saat melakukan aktivitas pendidikan (PUSTEKKOM,2006).

Peran-peran TIK dalam dunia pendidikan :
a.  TIK sebagai keterampilan (skill) dan kompetensi
b.  TIK sebagai infrastruktur pendidikan
c.  TIK sebagai sumber bahan ajar
d.  TIK sebagai alat bantu dan fasilitas pendidikan
e.  TIK sebagai sistem pendukung keputusan

C.    Pengaruh Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Ranah Afektif Siswa Sekolah Dasar

Berbagai pengaruh dari teknologi informasi dan komunikasi mulai nyata dirasakannya terutama pada tataran siswa sekolah dasar yang dapat dikatakan masa anak-anak.Tentu teknologi informasi dan komunikasi memengaruhi ranah afektif siswa sekolah dasar dengan positif maupun negatif.
Pertama, dengan Teknologi informasi maka akan memberi stimulus kepada siswa agar tertarik dengan materi yang disampaikan. Siswa merasa bahwa ada suatu hal yang menarik hatinya untuk menerima materi yang disampaikan.Kedua, siswa sekolah dasar bisa kreatif untuk mencari informasi di internet maupun media elektronik serta cetak. Ketiga, dengan pemakaian media grafis imajinasi siswa akan lebih berkembang sehingga menimbulkan minat siswa untuk berkeinginan. Keempat, pengaruh kemajuan teknologi, berdampak pada pembentukan karakter siswa, siswa sekolah dasar yang diberikan keleluasaan orangtua untuk menggunakan teknologi informasi dan komunikasi cenderung menjadi siswa yang kurang bersosialisasi.
Seorang siswa di sekolah dasar masih butuh bersosialisasi dan bermain dengan dengan teman sebayanya.Disini tentunya peran pengajar dan orangtua sangat diperlukan.Para pengajar yang dalam keseharian siswa di sekolah harus bisa memilah dan memberikan informasi yang baik, sehingga siswa yang belum bisa membedakan mana yang baik dan buruk tidak terkena pengaruh negatif dari teknologi.Selain itu tidak hanya guru saja yang melakukan pengawasan, namun peran orangtua tidak kalah penting karena orangtua selalu ada dilingkungan individu siswa. Orangtua dapat memberikan pendidikan pada anak bahwa teknologi informasi dan komunikasi tidak boleh diagung-agungkan dan pengertian bahwa teknologi informasi dan komunikasi itu akan baik pengaruhnya jika digunakan dengan sebaik-baiknya
D.    Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam pembelajaran di Sekolah Dasar

Dalam pengintegrasian atau penyatuan TIK (teknologi, informasi dan komunikasi) di sekolah dasar kita harus melihat beberapa peran yang dijalankan oleh pihak-pihak yang berkompeten di sekolah. Pertama peran sekolah sebagai institusi yang melahirkan kebijakan, kedua guru kelas sebagai aktor utama di lapangan dan yang terakhir guru komputer sebagai orang yang mengajar mata pelajaran TIK.
a).      Sekolah
Sebagai institusi sekolah mempunyai mekanisme yang berbeda-beda dalam proses pembelanjaan anggaran di setiap tahunnya. Banyak sekolah yang masih berpikir bahwa fasilitas yang terpenting dikembangkan hanya fasilitas fisik saja. Padahal jika sedikit demi sedikit anggaran dipergunakan untuk pembelanjaan infrastruktur TIK maka sebuah sekolah akan mempunyai arah yang jelas dalam pengembangan TIK. Terbukti banyak sekolah sudah mulai menampilkan fasilitas TIK sebagai nilai jual, terutama bagi sekolah swasta.Berapapun anggaran yang telah dibelanjakan oleh pihak sekolah akan menjadi sia-sia apabila sekolah tidak melakukan;
1.      Menjelaskan kepada seluruh staff mengenai keterampilan apa yang harus dimiliki siswa dalam menghadap abad 21.
2.      Pelatihan yang berkelanjutan, guru TIK sebagai orang yang akan melatih guru-guru yang lain
3.      Bentuk pelatihan yang bersifat TOT atau training of trainer.
4.      Dalam forum rapat atau evaluasi program, sempatkan adakan forum TIK . Sebuah ajang untuk berbagi kisah sukses dalam penggunaan TIK.
b).      Guru kelas
Guru kelas sebagai pihak yang bersentuhan langsung dengan siswa mempunyai peran penting dalam pengintegrasian TIK. Guru kelas bisa menjadi contoh langsung atau role model bagi pengunaan perangkat TIK di sekolah. Banyak sekolah yang sudah memulai untuk melengkapi ruang kelas dengan satu komputer . Dengan memaksimal kan peran satu komputer di kelas, siswa akan merasakan manfaat yaitu bertambahnya sumber belajar. Inisiatif guru kelas untuk sering-sering berkonsultasi dengan guru TIK juga diperlukan. Dengan demikian guru TIK bisa membantu mewujudkan apa keinginan dari guru kelas dalam kaitannya dengan integrasi TIK. Guru kelas juga bisa memulai mengajarkan langkah-langkah dalam melakukan riset yang sederhana bagi siswa (metode big six). Banyak dari cabang dalam TIK yang memang membantu siswa dalam melakukan riset atau menampilkan hasil pembelajaran yang dilakukan siswa. Misalnya internet dan CD Rom yang bisa membantu mendapatkan informasi dalam waktu cepat. Apabila guru sudah membelajarkan siswa cara mencari informasi dan melakukan riset, siswa akan lebih efisien dan efektif dalam mencari informasi
Berikut ini contoh integrasi yang bisa guru kelas lakukan secara mandiri maupun dengan bantuan guru TIK di lab komputer maupun dengan komputer yang ada dikelas, kegiatannya antara lain;
a.       Membuat presentasi ( materi pembelajaran )
Presentasi merupakan cara yang sudah lama digunakan, dengan menggunakan OHP atau chart. Peralatan yang digunakan sekarang biasanya menggunakan sebuah komputer/laptop dan LCD proyektor. Ada beberapa keuntungan jika kita memanfaatkan TIK diantaranya kita bisa menampilkan animasi dan film, sehingga tampilannya menjadi lebih menarik dan memudahkan siswa untuk menangkap materi yang kita sampaikan. Software yang paling banyak digunakan
untuk presentasi adalah Microsoft Powerpoint. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan bahan presentasi,diantaranya:
1.      Jangan terlalu banyak tulisan yang harus ditampilkan.
2.      Tulisan jangan terlalu kecil karena harus dilihat oleh banyak siswa.
3.      Perbanyak memasukkan gambar dan animasi
4.      Usahakan bentuk presentasi yang interaktif.
b.      Demonstrasi
Demontrasi biasanya digunakan untuk menampilkan suatu kegiatan di depan kelas, misalnya eksperimen. Kita bisa membuat suatu film caracara melakukan suatu kegiatan misalnya cara melakukan pengukuran dengan mikrometer yang benar atau mengambil sebagian kegiatan yang penting. Sehingga dengan cara ini siswa bisa kita arahkan untuk melakukan kegiatan yang benar atau mengambil kesimpulan dari kegiatan tersebut.
Cara lain adalah memanfaatkan media internet, kita bisa menampilkan animasi yang berhubungan dengan materi yang kita ajarkan ( meskipun tidak semuanya tersedia).

c.       Membuat diagram
d.      Membuat rentang waktu (time line)
e.       Membuat grafik
f.       Membuat sajak atau naskah
g.      Membuat karya video
h.      Memproduksi rekaman suara seperti orang sedang melakukan siaran radio atau pendongeng
i.        Membuat karya puisi, cerita atau naskah pementasan
j.        Merancang booklet
k.      Merancang brosur atau atribut pelengkap kampanye misalnya tentang lingkungan hidup
l.        Membuat lukisan dengan computer
m.    Membuat komik
n.      Membuat denah ruangan
o.      Memutar CD Rom
p.      Mencari informasi di internet
           Sebenarnya banyak bentuk pemanfaatan TIK lainnya yang dapat digunakan untuk membantu siswa dalam proses belajar mengajar. Tetapi semua itu tergantung kepada kita bagaimana cara memanfaatkannya.
c). Peran guru TIK.
Selain bertanggung jawab pada berlangsungnya suasana pembelajaran di ruang komputer, guru TIK juga menjadi tempat bertanya dari guru kelas serta pihak yang berkepentingan dalam bidang TIK disekolah. Guru TIK selayaknya mempunyai jam khusus setelah pulang sekolah secara rutin untuk melatih keterampilan serta menjadi teman dialog untuk semua guru kelas.
Guru TIK mempunyai tanggung jawab dalam membekali siswa dengan keterampilan
a.       Komputer dasar                                               
b.      Pengolah kata
c.       Database dan spreadsheet
d.      Internet dan email
e.       Multimedia
f.       Etika
d).       Perlengkapan yang di butuhkan.
1.      Komputer
2.      LCD Projektor
3.      Jaringan Internet,.
e).      Pendapat dan tanggapan guru
Berikut tanggapan para rekan guru mengenai peranan TIK dalam pembelajaran di kelas.:

1.      Peran TIK dalam pembelajaran bahasa Inggris sangat besar, siswa lebih senang jika pembelajaran disajikan dengan multimedia, siswa lebih mengerti maksud dan tujuan pembelajaran, guru bebas berekspresi dan praktis dalam penyampaian materi.
2.      Perananan TIK dalam pelajaran Matematika, siswa lebih mudah memahami operasi hitung penjumlahan , pengurangan, perkalian, pembagian lewat permainan di komputer.
3.      Peran TIK dalam Bahasa Indonesia, banyak tugas BI yang dapat dikerjakan dengan komputer seperti membuat laporan dengan penulisan tanda baca yang benar, membuat presentasi.Bahasa Indonesia dengan TIK saling terkait. 
4.      Peran TIK dalam pembelajaran IPA,banyak ilmu IPA yang dapat digali dan dicipta dengan menggunakan TIK, contoh :Browsing, Menacari animasi Ilmu pengetahuan dari Youtube

E.    Contoh pembelajaran menggunakan TIK

-          Pembelajaran  Matematika : Penjumlahan Bilangan
-          Pembelajaran IPA: Proses terjadinya hujan      
       ( dilampirkan dalam CD)
-        Pembelajaran menggunakan proyektor oleh guru
-        Pembelajaran mengoperasikan komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Season and Weather

1. Dry Season (Musim Kemarau) Musim kemarau adalah salah satu musim di daerah daerah tropis, seperti di daerah asia tenggara, asia sela...